5 Fitur Keamanan untuk Lindungi Aplikasi Telegram

Telegram tidak dipungkuri menjedi  program chatting yang banyak diunduh. Aplikasi yang pertama kalinya launching pada 2013 ini telah ada di beberapa platform, seperti Android, iOS, dan desktop.

Disetiap aplikasi alangkah lebih baiknya kita menggunakan system keamanan, supaya semua data atau isi chat yang kita lakukan tidak mengalami kebocoran. Berikut fitur keamanan yang ditawarkan di aplikasi ini:

  1. Fitur Lock Chat

Fitur ini dapat terkunci secara otomatis saat tidak digunakan. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir untuk orang lain dapat melihat isi pesan yang dikirimkan lewat aplikasi ini.

Untuk mengaktifkannya, pengguna tinggal membuka fitur Settings, pilih Privacy and Security, lalu Passcode and Touch ID. Setelah itu, pasang PIN atau Touch ID, lalu pengguna tinggal memilih durasi waktu kapan fitur ini akan aktif.

  1. Kirim Pesan Rahasia dengan Secret Chat

Fitur ini digunakan saat melakukan percakapan di Telegram. Sebab, fitur ini akan mengaktifkan end-to-end encryption, sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat percakapan.

Baca Juga  DANA eMAS, penarikan emas fisik dengan mudah

Penggguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengklik kontak orang yang akan dikirimkan pesan. Setelah itu, pilih Start Secret Chat pada ikon More.

  1. Fitur Two-Step Verification

Fitur ini digunakan dimana pengguna akan diminta untuk selalu memasukkan password saat masuk ke akun Telegram di perangkat baru maupun lama. Password ini berupa OTP (one-time password) saat pengguna masuk di perangkat baru.

  1. Mendukung Server Proxy

fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP address dengan cara menghubungkan akunnya ke server proxy khusus.

Cara kerja fitur ini sama seperti VPN connection, fitur ini dapat aktif dengan membuka Settings, pilih Data and Storage, lalu Proxy Settings.

  1. Hapus Pesan yang Salah Kirim

Telegram juga memungkinkan pengguna untuk membatalkan atau menghapus pesan yang sudah terkirim.